Saturday 14 December 2013

Macam Macam Editor HTML




Hari ini, saya mengenal cukup banyak editor HTML dari w3schools.com, dan sama seperti saya w3schools.com tidak menyarankan kita untuk menggunakan editor HTML yang ada, karena kita adalah pemula, supaya kita cepat mengerti tentang ada itu HTML, w3schools.com menyarankan kita untuk menggunakan Notepad sebagai editor HTML untuk pemula.

Macam Macam Editor HTML

Di bawah ini, ada beberapa editor yang saya ketahui dari w3schools.com antara lain :

  • Adobe Dreamweaver
  • Microsoft Expression Web
  • CoffeeCup HTML Editor
  • Sublim text
  • Notepad ++

Namun agar kita dapat mengenal lebih dalam tentang tag HTML, sebagai pembelajaran, untuk weber pemula, kita sebaiknya menggunakan Notepad, karena kita tidak perlu mendownload dan menginstalnya, Notepade sudah ada pada aplikasi bawaan dari Windows dan sebagainya.

Cara menjalankan notepade seperti yang sudah kita pelajari pada postingan awal di Belajar Web Bersama Dat-s, seperti ini cara menjalankan aplikasi Notepade :

Cara Menjalankan Aplikasi Notepade :

Untuk memulai menjalankan aplikasi Notepade sebagai editor HTML, langkah awal yang kita lakukan adalah :


  1. Klik Start
  2. All Programs 
  3. Accessories 
  4. Notepad
Maka hasilnya akan terlihat seperti ini :


Untuk menciptakan sebuah dokument HTML, ketikan tag HTML ke dalam Notepad tersebut, seperti pada contoh di bawah ini, seperti yang sudah kita pelajari sebelumnya :


Ketika selesai mengetikan tag HTML, selanjutnya untuk membuat dokumen menjadi seutuhnya dokumen HTML, langkah selanjutnya menyimpan file tersebut dengan type file .html, sehingga dokumen tersebut menjadi seutuhnya dokumen HTML.

Cara Menyimpan File Notepad Menjadi File HTML

Cara ini juga sudah pernah dat-s ajarkan pada Pelajaran HTML yang pertama, hanya sedikit mengingatkan kembali, dan ini dia caranya :

  1. Klik file
  2. Setelah muncul menu, klik save
  3. Setelah muncul tampilan explorer, pilih tempat untuk menyimpan file tersebut, disarankan Sobat membuat folder khusus untuk file ini, karena ini akan menjadi awal pembelajaran Sobat.
  4. Pada save as type, pilih All Files (*.*), dan pada File name tuliskan "pengenalan-html.html" tanpa tanda kutip
  5. klik save

Seperti terlihat pada gambar contoh di bawah ini :



Bila sobat menyimpan file HTML, sobat dapat menggunakan baik htm. Atau ekstensi file. Html. Tidak ada perbedaan, itu sepenuhnya terserah sobat.

Simpan file dalam folder yang mudah diingat, seperti Pelajaran HTML.


Nah sobat, demikian Macam Macam Editor HTML dan Cara Menggunakan Notepad, semoga bermanfaat, kalau ada yang kurang dimengerti harap berikan komentarnya ya.


Sukses Selalu ^_^

pada dasarnya, cara menggunakan editor HTML adalah sama, hanya saja ada hal lain yang harus kita pelajari.

2 comments: